Rabu, 20 April 2011

Sistem Transportasi

Tahukah kamu? tubuh hewan yang yang tersusun atas ratusan juta sel hewan juga harus memiliki sistem transportasi atau pengangkutan. dimana 7an adanya sistem transportasi ini adalah untuk  mengangkut zat yang diperlukan sel tubuh. Namun setiap hewan memiliki sistem transportasi yang berbeda tergantung dari tingkatanya. Semakin tinggi tingkatanya semakin kompleks juga sistem transportasinya.
Didalam tubuh manusia terdapat dua macam sistem transportasi, yaitu sistem peredaran darah dan sistem peredaran getah bening. Alat peredaran darah yang terdiri yang terdiri atas jantung dan pembuluh darah.


Apakah sebenarnya darah itu?ada yang tau?
Darah adalah cairan tubuh yang terdapat didalam pembuluh darah. Nah terus sebenarya apa saja toh komponen darah itu?ada berapa macam? banyak sekali yang menjawab 3 bro dengan tegasnya yaitu sel darah merah,sel darah putih dan keping darah?bener ga ni kalo jawabanya seperti ini?ok mari kita jawab, lebih tepatnya sebenarnya komponen darah itu dibagi jadi 2 yaitu plasma darah yang berisi diantarnya sebagian besar air dan sisanya ada protein, mineral dan sejumlah bagian organik dan komponen kedua yaitu sel darah yang berisi sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit).
Apa saja fungsinya? 
Plasma darah yaitu mengangkut sari makan
Eritrosit berfungsi untukmengangkut oksigen
Leukosit  berfungsi membantu tubuh melawan berbagai penyakit
Trombosit berfungsi dalam proses pembekuan darah
Nah untuk yang leukosit jenisnya ada 2 macam ya, yaitu granula dan agranula. yang termasuk granula antara lain:
JeKanya  : Granula B-E-N ( basofil, eisonofil dan neutrofil)
               : Agranula M-L (monosit, limfosit)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar