Rabu, 20 April 2011

Ekologi

Ekologi,apa itu ekologi? ekologi berasal dari kata oikos (rumah) dan logos (ilmu). Ekologi adalah ilmu yang meiliki timbal balik mahluk hidup dengan lingkunganya atau sesuatu yang berada diluar tubuh mahluk hidup. Adapun ruang lingkup ekologi antara lain Individu-Populasi-Komunitas-Ekosistem-Biosfer atau JeKanya Indi-Populer-Ko-Ekornya-Binal.

Individu adalah satuan mahluk hidup dari jenis tertentu. Misalnya satu tumbuhan rumput, seekor belalang, seekor singa atau seekor ular.
Populasi adalah sekelompok individu sejenis pada suatu tempat dan waktu tertentu.Misalnya populasi rumput atau populasi belalang.
Komunitas adalah sekelompok mahluk hidup terdiri atas berbagai populasi yang saling berinteraksi sesamanya pada suatu tempat dan waktu tertentu. Misalnya komunitas kolam meliputi populasi ganggang, populasi siput atau populasi ikan tertetentu.
Ekosistem merupakan suatu hubungan timbal balik baik pada lingkungan biotik ataupun abiotik pada suatu tempat dan waktu tertentu. Misal ekosistem kolam atau ekosistem pantai.


Aliran Materi dan Energi
Aliran dan materi energi merupakan proses perpindahan zat dari mahluk hidup yang satu ke yang lain melalui peristiwa memakan dan dimakan. Dimana aliran materi dan energi ini meliputi antara lain :
1. Rantai Makanan






2. Jaring-jaring makanan
 








3. Piramida makanan, Untuk jenisnya piramida makanan dibagi menjadi 3 macam yaitu :
    1. piramida jumlah
    2. piramida biomassa
    3. piramida energi

     JeKanya Ju-Bi-R
 




1 komentar:

  1. yang kurang paham silahkan bertanya ya,insyaallah dijawab ntar....thanks

    BalasHapus